10 KARAKTERISTIK YANG DISUKAI BANYAK ORANG

by RonaldFrank

10 Traits of Likable People!

Pertama,
Good MOOD

Pernahkah anda bertemu seseorang yang TAK PEDULI SEBERAPA FRUSTRASI nya dia, dia tetap menemukan CARA untuk TERSENYUM dan GEMBIRA? seseorang yang berkata “yah emang susah sih tapi bisa laaa!!!” ATAU “wah ga tau nih bakal kayak gimana tapi bodo la! apapun yang terjadi tetep JALAN!” ATAU “WAH! HARI INI GUE DIPECAT! sedih sih tapi seneng juga bisa cari kerjaan baru entar malem ke X2 yu? lu yang traktir ya? gue kan pengangguran!”😀

dan pernahkah anda bertemu seseorang yang SEBERAPA BERUNTUNGNYA DIA tapi SELALU SAJA MENGELUH? seseorang yang berkata “HAAAAH! NAIK GAJI TAPI TETEP AJA GA CUKUP!” dan semacamnya

Seperti anda tau, EMOSI itu MENULAR. Jika anda dapat MEMANCARKAN emosi POSITIF seakan TIDAK ADA HAL APAPUN yang dapat MERENGGUT KEBAHAGIAAN anda, maka WANITA akan lebih TERTARIK dengan anda.

so BE HAPPY and STOP COMPLAINING!

Jadilah Pria yang SELALU melihat sisi POSITIF dari semua HAL NEGATIF yang ditemuinya.

Kedua,
Tidak berusaha mengambil simpati orang lain.

Banyak orang melakukan hal hebat, tapi sayangnya mereka TERLALU BERLEBIHAN dalam “membanggakan” prestasi mereka.
orang yang INGIN MENDAPATKAN SIMPATI orang lain dengan MENONJOLKAN DIRI atau VALUE nya adalah JUSTRU orang yang TIDAK MENARIK.

Orang yang dapat MENAHAN “gejolak” untuk MEMAMERKAN prestasi mereka SEHEBAT APAPUN ITU dan MAMPU untuk “stay in control”, adalah JUSTRU lebih menarik.

BE ATTRACTIVE but STAY LOW KEY.

Ketiga,
TIDAK BERUSAHA untuk SELALU memberikan PENDAPAT terhadap SEMUA masalah orang.

Ini adalah HAL yang vital!

kebanyakan orang mempunyai pikiran yang salah jika TEMAN anda menceritakan MASALAH mereka atau CURHAT, itu bukan berarti mereka MEMINTA PENDAPAT anda, itu berarti mereka INGIN merasakan EMPATI atau RASA PEDULI anda.

kebanyakan orang jika mendengarkan orang lain menceritakan masalah mereka, maka DENGAN SEGERA orang tersebut berkata: “WAH SEHARUSNYA BEGINI!” ATAU “WAH SALAH TUH! YANG BENER BEGINI”

dan SUDAH DAPAT DITEBAK bahwa orang yang menceritakan masalah mereka akan diam merasa TIDAK NYAMAN. Jika ada teman anda atau WANITA menceritakan masalahnya kepada anda, tunjukanlah empati dan rasa peduli anda kepadanya dan jangan LANGSUNG memberikan PENDAPAT anda!

tunggu sampai dia BERTANYA, barulah anda berikan pendapat anda.

Keempat,
Mengerti SUDUT PANDANG orang lain

Steven Covey dalam bukunya the 7 habits memukul KEPALA saya dengan kalimat “SEEK FIRST TO UNDERSTAND, THEN TO BE UNDERSTOOD!” dalam bahasa indonesia adalah “MENGERTILAH ORANG TERLEBIH DAHULU, BARULAH MEREKA AKAN MENGERTI KITA”.

Nah kebanyakan yang kita lakukan adalah KITA MAU DIMENGERTI DULU baru kita MAU MENGERTI ORANG LAIN.

Iya kan?

dan apa yang biasanya terjadi? ya sudah tentu hal yang kita namakan CONFLICT!

kenapa CONFLICT?

karena kita TIDAK MAU MENGERTI dan MEREKA TIDAK MAU MENGERTI, maka terjadilah CONFLICT.

Coba bayangkan anda BERDEBAT dengan seseorang tentang sebuah mobil yang anda lihat, dan anda berkata “MOBIL ITU WARNA HITAM!” dan orang tersebut berkata “HAH? BUTA YA? MOBIL ITU WARNA HIJAU!” dan anda berkata “APA? LU YANG BUTA! JELAS-JELAS HITAM!” dan perdebatan pun TERUS BERLANGSUNG.

dan TERNYATA, anda dan dia, kedua-duanya BENAR

ternyata anda melihat SISI KIRI mobil yang MEMANG warna HITAM. Sedangkan orang tersebut melihat SISI KANAN mobil yang memang warna hijau dengan kata lain, mobilnya di cat berbeda masing-masing sisi.

Nah tapi akankah ANDA DIMENGERTI oleh “teman debat” anda jika anda tidak TERLEBIH DAHULU MENGERTI DIA?
bayangkan jika pada saat “teman debat” anda NGOTOT mobilnya warna hijau dan anda MENGERTI dia dahulu dengan datang ke sisi nya dan MELIHAT dari sudut pandang nya yaitu SISI KANAN akankah anda juga akan setuju bahwa mobilnya warna HIJAU?

YA SUDAH TENTU!

nah akankah “teman debat” anda kini SATU PENDAPAT dengan anda yaitu mobilnya BERWARNA HIJAU?

YA SUDAH TENTU!

nah sekarang akankah MUDAH bagi anda untuk MENGAJAKNYA datang ke sisi KIRI dan membuatnya SETUJU bahwa mobilnya warna HITAM?

sudah tentu!

contoh sederhana diatas MENGGAMBARKAN bahwa jika kita MAU MENGERTI dahulu, maka orang lain juga akan MENGERTI anda juga.

Jika anda dapat MENGERTI PERASAAN orang lain, maka mereka akan mudah MEMBUKA DIRI dan MENGERTI anda SEBALIKNYA ini pun yang disebut KALIBRASI dengan MENGERTI perasaan wanita, anda akan TAU LEBIH PASTI kapan untuk menelpon dia, kapan untuk melakukan flirting, kapan untuk bercanda, kapan untuk serius, kapan untuk maju dan kapan untuk mundur

Kembangkanlah INTUISI EMPATI anda untuk LEBIH MENGERTI DAHULU sebelum DIMENGERTI orang lain.
Seek first to UNDERSTAND, then to be UNDERSTOOD!

Kelima,
PRO-ACTIVE

Pro-AKTIF adalah KEBALIKAN dari RE-AKTIF PRO AKTIF berarti anda dapat TERGERAK untuk BER-INISIATIF melakukan SESUATU tanpa DORONGAN orang lain sedangkan RE-AKTIF adalah HARUS ADA orang lain dulu yang MENDORONG anda, barulah anda PUNYA INISIATIF!

contoh yang paling sering saya temui adalah pada saat latihan approach

Banyak teman-teman yang RE-AKTIF. Dengan kata lain kalau GA ADA YANG TEMENIN, MALES AH LATIHAN!
nah jika anda RE-AKTIF, maka orang lain akan melihat anda sebagai orang yang PASIF dan KURANG MENARIK Jika anda PRO-AKTIF dan SELALU BER-INISIATIF melakukan segala sesuatu yang benar TANPA harus didorong-dorong, maka anda akan JAUH-JAUH lebih menarik! dan yang dasyat adalah anda dapat menjadi seseorang yang MENDORONG orang-orang yang RE-AKTIF!

anda adalah SEORANG LEADER!

dan leadership adalah salah satu SIFAT yang MENARIK bagi siapa saja!

so be pro-active!

tapi INGAT! jangan PRO-AKTIF untuk SOK-SOK cari perhatian atau SIMPATI cewe mereka bisa tau kalau anda cuma “pura-pura” pro aktif dan sok jadi seksi sibuk!

Jadilah NATURAL dalam menjadi PRO-AKTIF!

Keenam,
Melihat THE BEST, bukan THE BAD

Kebanyakan orang secara OTOMATIS cenderung melihat KESALAHAN dan KEBURUKAN orang lain dibandingkan KEBAIKAN yang dibuatnya. Seperti kalimat lama mengatakan: “1 kesalahan menguras 1000 kebaikan dalam sekejab”.

Coba lihat sekeliling anda Bukankah itu yang terjadi?

Orang cenderung melihat dan membicarakan segelintir KESALAHAN dibandingkan JUTAAN kebaikan.

Orang yang disukai orang lain MENGERTI bahwa membicarakan SATU KEBAIKAN lebih baik daripada membicarakan RIBUAN KESALAHAN. Orang yang disukai orang lain dapat melihat YANG TERBAIK dibalik RIBUAN KEBURUKAN dalam diri orang lain. Dan Orang yang MENGERTI akan hal ini akan DISUKAI karena ia dapat MENGERTI dan MEMOTIVASI orang lain untuk maju!

Contoh yang paling dekat akan hal ini adalah 2 tipe orang tua dalam mendidik anaknya
Ada orang tua yang TERUS MENYALAHKAN anaknya akan KEBURUKAN dan KESALAHAN yang dibuat anaknya Ia terus MENYALAHKAN dan MELIHAT KEBURUKAN anaknya DAN MEMAKSA anaknya untuk menjadi LEBIH BAIK!
Namun INGAT, cara dia membuat anaknya lebih baik adalah dengan MEMBICARAKAN KEBURUKAN NYA terus-menerus!
Lalu akankah anaknya menjadi lebih baik?

YA SUDAH TENTU, namun karena TAKUT dan TERPAKSA! dan sudah dapat dipastikan bahwa hubungan nya dengan orang tuanya KURANG HARMONIS.

Lalu bagaimana orang tua yang BERHASIL mendidik anaknya DAN punya hubungan yang harmonis?

Orang tua yang MENGERTI akan “Melihat THE BEST, bukan THE BAD”, justru melakukan SEBALIKNYA, yaitu ia MENCARI SEMUA KEBAIKAN dan TALENTA yang dimiliki anaknya DIBANDINGKAN kekurangan nya

Ia lalu MEMOTIVASI sang anak dengan MENUNJUKAN SISI TERBAIK dalam diri anak tersebut YANG MEMBUAT anak tersebut menjadi lebih baik DENGAN SENDIRINYA TANPA PAKSAAN APAPUN

Sang anak dapat MAJU KARENA IA TERMOTIVASI SENDIRI dan BUKAN KARENA PAKSAAN dan BEBAN BATIN! Dan SUDAH TENTU hubungan antara sang anak dan orang tuanya dapat dipastikan HARMONIS.

Coba tanyakan kepada diri anda apakah anda MELIHAT dan MEMBICARAKAN KEBURUKAN orang lain, atau anda MENUNJUKAN TALENTA, KELEBIHAN dan SISI THE BEST dari orang lain pada saat anda ber-interaksi?
Jika anda MASIH melihat “THE BAD” dalam diri orang lain, SEGERALAH melihat “THE BEST” dalam diri mereka dan anda akan RASAKAN PERUBAHAN RESPON yang SANGAT-SANGAT SIGNIFIKAN!

TAPI TUNGGU DULU!

Bukankah MENUNJUKAN SISI THE BEST seseorang itu sama saja MEMUJI-MUJI dia dan itu dapat DIANGGAP MENCARI-CARI SIMPATI atau NEEDY?

Jawaban nya adalah:
MENUNJUKAN SISI THE BEST bukanlah MEMUJI-MUJI ataupun CARI-CARI SIMPATI!

Perbedaan nya adalah:
MEMUJI-MUJI untuk MENCARI SIMPATI adalah pujian TANPA ALASAN YANG TEPAT Sedangkan MENUNJUKAN SISI THE BEST adalah PERNYATAAN (bukan pujian) untuk MENUNJUKAN SISI THE BEST dari seseorang yang MEMANG IA PUNYAI dan MENDORONGNYA untuk menggunakan SISI THE BEST nya untuk MAJU. Top of Form

Orang lain dapat MERASAKAN apakah anda benar-benar (genuinely) melihat THE BEST dari mereka, atau hanya pujian yang dibuat-buat untuk mencari simpati.

So far so good? Mari kita lanjutkan!

Ketujuh,
Mengerti KAPAN harus serius, dan kapan harus bercanda

Banyak orang TERLALU SERIUS dan banyak orang TERLALU BANYAK BERCANDA. Jika anda adalah orang yang TERLALU SERIUS, maka orang lain akan  merasa BOSAN dengan anda KARENA tidak ada humor, relaksasi dan hal-hal personal yang dapat mendekatkan anda dengan mereka.
Dilain sisi, jika anda TERLALU SERING BERCANDA, maka orang lain akan TERTARIK dengan anda. NAMUN jika anda terlalu banyak bercanda, maka anda akan KEHILANGAN RESPECT karena orang lain menganggap anda orang yang TIDAK DAPAT MELAKUKAN APAPUN selain bercanda.
Oleh karena itu, jika anda ingin disukai orang lain, anda harus dapat MENGIMBANGI *KAPAN* harus SERIUS, dan kapan harus BERCANDA.
Ingat ini: TERLALU SERIUS dapat menyebabkan KEBOSANAN, TERLALU BANYAK BERCANDA anda akan KEHILANGAN RESPECT.

Kedelapan,
Menangani KRITIK dan DEBAT dengan BIJAKSANA

Ada kalanya kita TERPAKSA MENGHADAPI kritik dan debat. Kebanyakan orang menghadapinya dengan KURANG BIJAKSANA dan berujung KONFLIK.

Orang yang disukai banyak orang DAPAT menghadapi KRITIK dan DEBAT dengan secara BIJAKSANA tanpa harus menjadi KONFLIK.

Lalu bagaimana cara bijaksana menghadapi kritik dan debat?

Sebetulnya SANGAT MUDAH!

Jika ada orang meng-kritik anda, anda harus tau dulu bahwa SEMUA ORANG memang suka meng-kritik, jadi jangan membuat kritik itu menjadi DEBAT. Jika ada orang baik sengaja maupun tidak sengaja mengkritik anda, cukup jawab “saya terima dan pikirkan kritiknya”, ITU SAJA. Dengan begitu anda tidak akan BERLARUT-LARUT dalam mendiskusikan kritik tersebut, ataupun MENYINGGUNG pengritik anda. Sang pengritik pun MERASA dihargai karena anda MEMIKIRKAN kritiknya, walaupun anda TIDAK PERLU BENAR-BENAR memikirkan kritik nya JIKA kritik nya tidak membangun.

Lalu bagaimana dengan DEBAT?

Kita akan bahas dilain kesempatan.

Kesembilan,
Kurangi KRITIK, Tingkatkan INTROSPEKSI

Jika karakteristik ke delapan kita membicarakan tentang MENGHADAPI KRITIK, pada karakteristik kesembilan ini kita membicarakan untuk MENGURANGI kritik yang kita berikan kepada orang lain dan MERUBAHNYA menjadi INTROSPEKSI diri.

Mengapa INTROSPEKSI itu penting?

Banyak orang LUPA DIRI untuk melihat dan bercermin, dan SE-ENAKNYA menyalahkan orang lain!
Bayangkan ada orang yang mengatakan “wajah anda berantakan” RESPON PERTAMA anda pastilah MARAH dan MENG-KRITIK kembali wajah orang tersebut HAL YANG SEHAT yang seharusnya anda lakukan adalah BERCERMIN terlebih dahulu dan lihatlah wajah anda!

ternyata memang benar bahwa wajah anda BERANTAKAN karena ada DEBU yang menempel.
Yang anda perlu lakukan adalah membersihkan DEBU tersebut dan berterima-kasih kepada orang yang mengatakan “wajah anda berantakan” KARENA maksud baiknya yang ANDA MUNGKIN SAJA SALAH ARTIKAN jika anda tidak terlebih dahulu bercermin.

Kebanyakan orang yang MUDAH bersosial melakukan 80% introspeksi diri, 20% memberikan kritik SEHAT kepada orang lain.
Oleh karena itu, cobalah untuk MELIHAT SESUATU secara OBJEKTIF terlebih dahulu dengan INTROSPEKSI, dan kurangi KRITIK yang hanya akan perpecahan.

Kesepuluh,
Hangat dan Penasaran

Coba perhatikan orang yang MENARIK dan MUDAH DISUKAI orang Hal PERTAMA yang MENARIK dari mereka adalah mereka dapat memberikan KESAN HANGAT pada saat pertama kali anda bertemu mereka. Mereka RAMAH, TERBUKA, namun tetap *agak* memiliki GENGSI dan VALUE yang membuat anda merasa DEKAT sekaligus MENGHORMATI mereka.
Kesan HANGAT adalah salah satu DAYA TARIK tertentu bagi para orang yang mudah bersosial.

Namun ada LEVEL lain setelah HANGAT, yaitu RASA PENASARAN pada saat mengenal seseorang.

Orang yang mudah bersosial DAPAT membuat sebuah perbincangan menjadi sangat bermakna. Dan LUCUNYA, yang mereka lakukan hanyalah MENJADI PENASARAN akan siapa anda sesungguhnya dan BERTANYA banyak pertanyaan PRIBADI, yang menyebabkan anda merasa DIPERHATKAN dan dapat MENCURAHKAN semua cerita anda kepada mereka.
Mereka memiliki kemampuan untuk MEMBUAT ORANG LAIN BERCERITA dan bukan sebaliknya.

Rasa penasaran yang ASLI (genuine) dapat membuat anda MENARIK.

Cobalah untuk menjadi LEBIH HANGAT dan PENASARAN akan seseorang pada saat anda ber-interaksi dengan nya.
Tanyakan Hobi mereka, Makanan favorit mereka ataupun Film kesukaan mereka. Jika mereka menjawab  dengan hal-hal yang ANDA TIDAK MENGERTI, maka itulah kesempatan untuk LEBIH PENASARAN lagi Merekapun akan DENGAN SUKACITA bercerita kepada anda karena PADA DASARNYA manusia SUKA MEMBICARAKAN DIRINYA SENDIRI.

Bahkan lebih baik lagi, kadang pada saat anda penasaran dan bertanya tentang mereka, anda DAPAT menemukan “THE BEST” dari dalam diri mereka dan MENUNJUKAN nya kepada mereka, YANG membuat mereka JAUH lebih DEKAT kepada anda.

Kesebelas,
Bangun lingkungan orang-orang positif

Lingkungan MEMPENGARUHI cara berfikir dan cara anda bertindak Lingkungan yang salah akan membawa anda kepada hal-hal yang salah pula Oleh karena itu, jika anda ingin dapat menjadi orang yang bersosial dan menarik bagi orang banyak, bangun dan berkumpulah dengan lingkungan orang-orang yang serupa.

Setelah anda membaca artikel ini, SEGERALAH BERTINDAK dalam meng-integrasikan kesepuluh karakteristik ini menjadi karakter anda dan jadilah orang yang MENARIK dan DISUKAI.

Semoga Berhasil.

-RONALD FRANK

Sumber : http://www.wattpad.com/190312-10-karakteristik-yang-disukai-banyak-orang-by-dinyo?p=4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s