Konsep sekolah unggulan salah sasaran

Oleh: Dwi Wahyuni

SURABAYA (Bisnis.com): Konsep sekolah unggulan yang diterapkan sejumlah pengelola pendidikan negeri maupun swasta di Indonesia dinilai salah sasaran karena tidak dapat menghasilkan kecerdasan watak dan moral anak didik.

“Saya orang paling tidak setuju dengan konsep sekolah unggulan karena ternyata persepsinya di Indonesia tidak tepat,” ujar pakar pendidikan nasional yang juga guru besar Universitas Negeri Jakarta Arief Rachman pada talk show puncak acara satu hati cerdaskan bangsa 2008 di Surabaya, hari ini.

Menurut dia, yang terjadi pada sekolah unggulan baik di sekolah negeri maupun swasta hanya dapat menghasilkan siswa pintar dan pengelompokan anak-anak orang kaya. Pasalnya, hampir semua sekolah unggulan memungut biaya relatif mahal. Sementara tolok ukurnya hanya terbatas pada kecedasan bidang studi seperti matematika, fisika, ekonomi dan sebagainya. Itu sebabnya banyak sekolah yang begitu bangga jika anak didiknya dapat meraih juara olimpiade fisika atau matematika.

Sekolah unggulan di Indoensia, tegasnya, hanya dimaknai unggul dalam kecerdasan intelektual (otak) dan menelantarkan keunggulan dalam bidang watak. “Seharusnya sekolah unggulan itu mengajarkan lima kecerdasan yakni spiritual untuk membentuk moral, emosional agar mereka memiliki perasaan yang halus dan santun, intelektual menguasai pelajaran, sosial atau bisa berkomunikasi baik dengan lingkungan serta kecerdasan jasmani yang terkait sikap,” paparnya.

Tidak kalah penting, katanya, mesti ada keseimbangan populasi antara jumlah siswa dari kalangan masyarakat yang kaya, sampai yang miskin di sekolah bersangkutan. Namun, yang terjadi sekarang, akibat banyakan sekolah unggulan yang hanya mengutamakan kecerdasan banyak anak-anak yang memiliki wawasan global tetapi rasa nasionalismenya kurang.(yn)

sumber: http://web.bisnis.com/umum/pendidikan/1id75075.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s